Merangkak Lalu Berdiri Menuju Integritas

Rabu, tanggal 15 April 2015, pukul 00.23, hormon endorfin gue udah mulai merangkak ke titik puncak. Halnya sederhana. Hari itu adalah hari terakhir ujian nasional yang artinya kewajiban gue sebagai anak SMA hampir selesai, yang ada tinggal kewajiban seorang anak SMA yang ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Belum selesai ujian nasional, gue udah ngebayangin ngisi hari-hari jeda ke belajar intensif SBMPTN mau ngapain aja. Sederhana, gue cuma mau leyeh-leyeh, nonton film, jalan-jalan makan dan BACA BUKU CERITA!

Karena selama persiapan ujian nasional gue terpaksa puasa dan menenangkan saraf-saraf di otak gue yang tiap ke gramedia melejit-lejit bilang: "kak, itu ada buku bagus, yuk ah beli, yuk ah baca", dan gue berusaha seperti ibu-ibu yang nenangin anaknya bilang, "sabar ya sayang, kita baca buku biologi dulu ya." terus saraf-saraf di otak gue berjalan gontai bilang, "KAKAK JAHAT. AKU JENUH."

Dan alhamdulillah, akhirnya ujian nasional pun selesai dengan hasil yang masih dalam kuasa Tuhan. Gue senang akhirnya gue selesai masa SMA, gue senang gue udah gak perlu ke ruang guru minta remed, gue senang gue udah gak perlu
deg-degan buat praktek baca pidato ke depan kelas, gue senang saat ini gue merasa senang dan entah kenapa sampe sekarang gue belum menemukan celah sedih untuk berpisah dari masa SMA.. 

..tapi tenang, biasanya gue sedih untuk kangennya nanti.

GUE JUGA SENANG GUE BISA MELEWATI UJIAN NASIONAL DENGAN JUJUR!

Setan itu pasti ada, bahkan di setiap aliran darah kamu ada setan. Sekitar dua minggu sebelum ujian nasional, krisis identitas itu pasti ada, di saat anak-anak yang lain udah mulai bayar buat beli jawaban un, gue mulai bertanya-tanya sama diri sendiri: "beli juga gak ya? emang gue bisa kalo gak beli?". Di saat seperti itu juga gue mulai berdialog sama diri gue sendiri: kalo gue pake, terus selama SMA ini gue kalo ulangan gak pernah nyontek buat apa; terus nanti kalo gue doa mintanya apa, masa doa biar diamanin pas nyontek; terus prinsip integritas yang selama ini gue pegang buat apa? sampe akhirnya diri gue sendiri yang jawab: lo punya prinsip, gak semua orang punya prinsip, pertahanin prinsip itu karena gue yakin lo gak akan menyesal selama prinsip lo positif.

Setiap detik gue mikirin. Sampe akhirnya gue sadar gue terlalu banyak mikir, saatnya sekarang tinggal belajar-belajar-belajar. Gue yakin gue bisa tanpa nyontek.

Belum lagi ada ibu gue, orang yang nyadarin gue buat arti kejujuran semenjak ujian nasional SMP, dia selalu bilang: "mama selalu bangga sama hasil yang Sarah dapet, asalkan Sarah jujur." Ibu gue bukan orang yang banyak nuntut, dia cuma nuntut satu: jujur. Karena jujur itu adalah langkah pertama untuk membangun moral yang baik dan itu diperlukan dalam kesejahteraan kehidupan. Pintar dan angkanya dapat dibangun secara instan, kamu bimbel yang rajin selama 6 bulan berturut-turut pun bisa pintar. Tapi sikap jujur perlu dilatih bertahun-tahun. Orang yang terbiasa bohong akan terus berbohong kalau dia gak pernah berusaha untuk keluar dari kebiasan jeleknya. Ibu gue juga bilang, kalo niat kita udah baik, insya allah, Allah pasti kasih jalan. Ah udah deh, gue gak jadi ragu mau u-en jujur. Dan dukungan itu juga didapet dari bapak gue.

Asik.


Makanya gue suka gak ngerti sama orang-orang yang mencak-mencak bilang benci koruptor dan korupsi padahal dirinya suka nyontek (yang berarti ada bibit-bibit kecurangan di sana). Da apa tuh bedanya orang yang mencontek sama koruptor? sama-sama tidak jujur, sama-sama curang, sama-sama merugikan orang lain. Apalagi yang mencontek kebanyakan anak muda yang katanya "generasi penerus bangsa", yang kalo pidato bahasa Indonesia di depan kelas berkoar-koar bilang kita harus menjadi generasi penerus bangsa yang baik, yang kalo di depan orang-orang kerjaannya komentarin orang-orang di pemerintahan yang katanya gak bener, tapi sikap untuk jadi penerus bangsa pun masih nihil, omongan tinggal omongan, ditiup angin.

Makanya, yux ah kita sama-sama membenahi diri masing-masing. Bagi yang masih suka berbuat tidak jujur, curang, nyontek, masih ada waktu kok buat menanam prinsip kejujuran di dalam diri dan mulai berlatih jadi orang yang jujur dan tidak merugikan diri sendiri, orang lain apalagi negara.

Buat yang udah punya prinsip kejujuran dan udah menanamkannya di kehidupan sehari-hari, terus tingkatkan dan pertahankan jangan sampai goyah.

Gue percaya prinsip baik pasti ada dampak positifnya, mau nanti atau sekarang, mau nanti ketika kita kerja atau nanti ketika kita di akhirat. Karena gak ada perbuatan baik yang sia-sia.

Dan kita sama-sama berusaha melakukan sesuatu yang lebih baik lagi.