Hidup Tanpa Earphone di Tempat Umum

mungkin ini kelebihannya lo gak perlu pake kuping kalo di tempat umum.

iya, kuping, kalo orang udah tuwir sih bilangnya kuping, kalo lo mungkin sebutnya earphone, headset, headphone, walkman, terserah deh.

terlebih di jalan raya, pas ngendarain motor ataupun jalan kaki, lo gak bakal bisa denger jelas kalo ada yang klaksonin dari belakang, bunyi sirene, atau bunyi kereta mau lewat. selain bahaya, pake kuping di tempat umum juga mengurangi kepekaan terhadap lingkungan sekitar. pengalaman gue waktu pake earphone di angkot adalah gue jadi asik sendiri, terus tiba-tiba udah mau nyampe aja di rumah, terasa cepet banget. Btw, ini kelebihan atau kekurangan ya?

Ngomongin tentang kepekaan terhadap lingkungan sekitar, gue juga ngerasain banyak hal yang bisa gue denger waktu gue gak pake earphone. Gue emang suka mengamati tingkah laku orang, dan gue juga suka nguping. RALAT: gue gak suka nguping, tapi banyak orang yang ngobrol dengan suara keras dan gue peduli, jadi gue denger. Mulai dari ibu-ibu yang ngobrol tentang mendominasinya perempuan dalam pekerjaan, gossip antar mbak-mbak pekerja kantoran, ibu-ibu yang marah-marah di telpon, anak sekolah yang cerita sama temennya tentang sekolah, ngomongin temen, dan lain-lain.

Kemarin, gue baru aja nguping (maaf, bukan nguping, maksudnya denger) pembicaraan antara dua ibu tua yang abis pulang berobat dari rumah sakit Fatmawati. Yang satu seorang ibu-ibu tua berkerudung, yang satunya lagi seorang ibu-ibu tua berambut pendek yang pergi dengan suaminya yang sudah punya penyakit pikun lanjut. Di angkot, ibu-ibu tua yang pergi dengan suaminya duduk di samping kanan gue, dan kanannya lagi adalah ibu-ibu tua berkerudung. Sedangkan suami dari ibu-ibu berambut pendek duduk di depan ibu-ibu tua berkerudung.

"ibu kalo ke rumah sakit sendiri?" Tanya ibu-ibu berambut pendek ke ibu-ibu berkerudung.

"Iya bu, saya mah kalo ke mana-mana sendiri." Jawabnya santai. 

"Anak ibu gak ada yang bisa anter?" Tanya ibu-ibu berambut pendek lagi.

"Ah enggak bu, saya mah kalo bisa sendiri ya sendiri aja, gak mau ngerepotin anak-anak saya. Anak-anak saya kan kerja."

deg. mata gue panas.

"Oh, iya bener bu. Anak saya juga ada dua di rumah mereka kerja. Saya juga gak mau ngerepotin mereka." Jawab ibu-ibu berambut pendek.

terus gue lihat kondisi suami dari ibu-ibu berambut pendek ini. Kurus, dengan muka bingung, belum lagi gue juga sempet denger dia sudah pikun, kalo pergi sendirian gak bisa pulang...

mata gue mulai berair.

tisu mana tisu..

Lalu yang terlintas di benak gue hanya dua orang yang gue panggil mama, dan satunya lagi papa. Lalu berkaca pada ucapan ibu-ibu tua berkerudung itu, seperti apa pengorbanan orangtua yang mementingkan kepentingan anaknya sedangkan dirinya susah payah jalan kaki sendiri untuk pergi berobat, sampai tertidur di angkot. Padahal waktu kita kecil, mereka juga direpotkan waktu anaknya sakit, jaga siang dan malam, pengorbanan lahir dan batin, lalu setelah anaknya dewasa, mereka orangtua yang ingin pergi berobat bahkan tidak mau merepotkan anaknya yang sehat lahir dan batin?

tisu mana tisu idung gue meler.

Their sacrifie is too big, I can not give them back, only God can.

O Allah, forgive my sins and the sins of my parents, and love them like they love me since I was little.
***

Sebagai anak angkutan umum, banyak hal yang gak terduga yang bisa lo dapet di sana, kayak cerita di atas, lo bisa tiba-tiba dapet renungan tanpa lo pengen sebelumnya. Atau, dapet 'dadah' dari anak kecil yang mau turun dari angkot? bisa juga. Gue pernah lagi suntuk di angkot, terus ada ibu-ibu bilang "kiri bang". Lalu ibu-ibu itu turun, bawa anak laki-lakinya yang masih umur sekitar lima tahun. Kebetulan gue duduk di deket pintu angkot, jadi setelah ibu-ibunya turun, gantian anaknya turun, tapi tanpa diduga, tiba-tiba anak kecilnya bilang: "dadah!" sambil dadahin tangannya ke gua terus kissbye sambil turun digendong ibunya.

krik.

gue ngefly.

antara awkward, tapi lucu. mood booster abis.

Kejadian di lingkungan sekitar itu bisa gak terduga, orang-orang di tempat umum bisa aja mengeluarkan hal yang gak pernah lo liat di lingkungan sekolah atau tempat tinggal lo yang bisa lo jadikan inspirasi, renungan, bahan ketawa, bahkan mood booster. 

THEN WHY I LOVE TO OBSERVE PEOPLE.

Dan hal-hal kecil tersebut hanya bisa didapet ketika gak ada earphone yang nempel di kuping..