Ditertawakan oleh Diri Sendiri di Masa Lalu

Tau gimana kerja bumerang?

Jadi gini, dua tahun lalu gua lempar guyonan/bercandaan ke orang lain, lalu gua berbalik arah dan yakin bahwa guyonan itu bakal kena tepat di dia. Setelah itu gua pergi. Sekarang guyonan yang gua lempar itu datang sendiri tepat di belakang gua dan kena.

bumerang yang gua lempar telah menghantam tuannya sendiri.

***
Gua pernah ngepost ini: Kehidupan di Ambang Kesendirian
Disana gua bikin seolah-olah tokoh Cahyani adalah orang yang paling aneh karena dia selalu sendiri (atau cuma berdua sama temennya). Dulu gua emang hidup sangat bahagia di Sebelas, punya cukup banyak teman, dan bisa dibilang waktu SMP gua gak akan mondar-mandir di sekolah sendirian. Pasti ada temen. Tapi itu yang bikin pikiran gua buta, kalo menjadi sendiri adalah hal yang aneh, anti sosial, atau ejekan lainnya dari gua.

Padahal enggak.

Setelah gua SMA, hampir semua hal yang gua lakuin di sekolah itu sendiri. Waktu awal masuk kelas 10, hampir satu semester gua duduk sendiri, kalo istirahat makan sendiri, ke toilet sendiri, bahkan ke kantin juga sendiri. Apalagi pulang..

Okelah, mungkin itu karena gua belom ketemu temen. Setelah ketemu temen yang pas, gua gak lagi duduk sendiri, makan juga gak sendiri dan jajan pun udah gak sendokiran. Tapi makin kesini, gua mulai ngerasa kalo jadi 'sendiri' itu bukan hal yang buruk.

Sendiri bukan berarti harus kesepian.

Dengan sendiri gua bisa mengenal diri gua lebih jauh dan lebih dalam. Gua punya banyak waktu luang untuk 'membicarakan' hal apa yang akan gua perbuat (entah untuk sekarang atau masa depan) bersama diri gua. Dan karena 'kesendirian' gua yang lalu, gua jadi tau kalo ada kepribadian introvert. 

Apakah introvert itu anti-sosial? Sama sekali tidak. Atau tidak sama sekali, kalo kata Thomson dan Thompson. 

Makin kesini gua juga semakin paham kalo gua gak perlu punya temen seribu untuk bisa dibilang 'bersosialisasi'. Punya temen yang jumlahnya bisa diitung pake jari tangan udah cukup buat bisa dibilang lo bersosialisasi. "Emang temen lo dikit? Jumlah murid kelas lo aja hampir 40. Itu baru satu kelas, emang kelas sebelumnya lo gak punya temen?" Disini yang gua maksud 'temen' itu orang yang bisa bikin gua nyaman ngelakuin hal 'aneh' di depan mereka. Bukan berarti, puluhan orang yang gua kenal itu bukan temen gua, tapi mungkin mereka yang bisa diitung pake jari sudah lebih dari sekadar teman bagi gua.

Karena gua aneh (dan maka dari itu gua melakukan hal aneh), maka gua butuh manusia-manusia yang jumlahnya bisa diitung pake jari itu buat nemenin gua disaat gua lagi gak sendirian. Dan kalo mereka gak ada, gua lebih suka sendiri. Orang yang bisa nerimo hal-hal yang 'gue banget' selain mereka, ya diri gua. Makanya gua sangat amat nyaman sendirian. Bener-bener sendirian kalo perlu. Mungkin?

"People think being alone makes you lonely, but I don't think that's true. Being surrounded by the wrong people is the loneliest thing in the world." 
-Kim Culbertoon

Bicara tentang introvert, ini ada mitos-mitos tentang introvert yang mesti diketahui. Mau introvert atau extrovert (atau ambivert), gak ada salah satu dari mereka yang kutu (baca: merugikan). Mereka semua punya potensi positif. Dan gua berharap sebagai manusia, kita gak ada yang menjudge satu sama lain dengan kata-kata yang enegh (baca: gak enak) didengar.


Dan pernyataan pertama pada gambar kedua diatas (What are some common introvert traits) cukup menjelaskan kenapa gua lebih 'bacot' di dunia maya.
Dunia maya = menulis ≠ ngomong. Bedakan antara menulis dengan bicara.



***
Dan ngomongin soal Cahyani. Sebenernya waktu itu gua bener-bener ngelempar bumerang yang salah sasaran. Cahyani gak 'sesendirian' itu, ternyata. Justru yang gua liat sekarang, Cahyani adalah seorang yang ekstrovert, kemana aja dia bisa bergaul, ke-ma-na a-ja, gua ulang, biar lebih jelas. Mungkin dulu dia sendirian terus karena dia emang mau sendiri. Atau dia emang gak mau main sama gua? Entah. Yang pasti gua belajar buat gak asal bercandain atau bikin jokes tentang sikap orang, kalo ternyata di waktu yang berbeda justru yang terlihat malah seperti gua telah membuat jokes tentang diri gua sendiri. Mungkin pada saat itu gua lagi nyaman-nyamannya berada di tempat yang isinya 'segelintir teman yang bisa diitung pake jari', makanya gua sangat nyaman dan bahagia akhirnya malah ngetawain orang?

Sekarang malah orang lain di 'tempat dan situasi ini' yang pada ngetawain gua.

Padahal, sekali lagi, menjadi sendiri bener-bener bukan hal yang buruk.

Kita gak pernah tau besok gimana. Makanya berbuat baik ajalah. Asik gak?